Thursday, 6 June 2013

Part Crank Shaft Piston


     <View SE Isometric Crank Shaft Piston>


    <View SE Isometric Rotate3d Part Crank Shaft Piston>


     <View SE Isometric Hide Crank Shaft Piston>



    <VideoCrank Shaft Piston>

Fungsi poros engkol (crank shaft )

Fungsi poros engkol adalah mengubah gerak naik turun atau lurus piston menjadi gerak putar.  Poros engkol adalah salah satu komponen penting suatu mesin, selain merubah gerak bolak balik piston menjadi gerak putar, poros engkol juga menerima beban dan tekanan yang sangat tinggi dari hasil pembakaran oleh piston untuk itu poros engkol haruslah terbuat dari bahan yang sangat kuat dan tahan lama. Poros engkol atau crankshaft terbuat dari baja karbon tinggi. Poros engkol terletak diantara blok silinder dan bak oli yang terhubung langsung dengan roda gila dan batang torak. Putaran dari poros engkol diteruskan ke roda gila dan selanjutnya kopling yang akan memegang kendali, apakah putaran akan di sambungkan atau di putuskan ke transmisi.

Bentuk dan konstruksi poros engkol ditentukan oleh banyaknya silinder dan urutan pengapian atau firing order ( FO ) dan faktor yang harus diperhatikan adalah getaran akibat proses pembakaran di dalam silinder.

komponen CrankShaft atau poros Engkol :

crank pin
crank journal
crank arm
crankshaft bearing / lager
balance weight
lubang oli




No comments:

Post a Comment